Usability, UCD & Kapasitas Manusia
Prinsip Usability adalah kemampuan suatu sistem/perangkat lunak
untuk di pahami , dipelajari , dan digunakan oleh pengguna. Ketika seseorang
menggunakan suatu sistem / perangkat lunak, secara tidak sadar dia juga memulai
proses belajar dengan mengingat langkah-langkah pekerjaan yang dia lakukan.
Komponen-komponen dari prinsip usability adalah :
v Kemampuan Manusia atau Human
Ability
v Kapasitas Manusia atau Human
Capabilities
v Memori
v Proses
v Observasi
v Penyelesaian masalah
atau Problem Solving
Pada dasarnya manusia memiliki 2
kemampuan yang sangat berbeda, yaitu kemampuan
yang baik dan kemampuan yang buruk.
Kemampuan manusia
yang baik
|
kemampuan manusia
yang buruk
|
·
Kapasitas Long Term Memory (LTM)
tidak terbatas
|
·
Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
|
·
Durasi LTM tidak terbatas dan kompleks
|
·
Durasi STM terbatas
|
·
Kemampuan memahami tinggi
|
·
Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
|
·
Mekanisme konsentrasi yang bertenaga
|
·
Proses yang cenderung salah
|
·
Pengenalan pola pikir yang bertenaga
|
·
Proses yang lambat
|
Proses User Centered
Design ( UCD )
Proses pada UCD merupakan proses yang berulang (iterative),
dimana tahap desain dan evaluasi dibangun dari tahap awal proyek hingga tahap
implementasi.
1.Memahami dan menentukan konteks pengguna:
-Karakteristik pengguna yang diharapkan
-Pekerjaan yang dilakukan pengguna
-Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global
-Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
-Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi
-Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem
-Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan
2. Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi :
Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:
- Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation,
- Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas diantara kategori penguna yang berbeda ),
- Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke pengguna,
- Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga yang relevan,
- Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
3. Solusi perancangan yang dihasilkan
- Dengan memgunakan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan suatu proposal solusi perancangan.
- Membuat solusi perancangan lebih konkrit ( dengan simulasi, prototipe, dll )
- Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluatur.
- Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan,
- Mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.
4. Evaluasi Perancangan terhadap kebutuhan pengguna
- Formative: menyediakan umpanbalik yang dapat digunakan untuk memperbaiki rancangan.
- Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai
Model menurut Eason (1992)
Eason menggambarkan empat langkah kunci dalam pengembangan, yaitu perencanaan, perancangan, implementasi, dan pengelolaan sistem.
Pada gambar diatas terdapat empat pendekatan dalam pengembangan sistem, yaitu:
1. Soft System Methodology ( SSM ).
2. Open System Task Analysis ( OSTA )
3. Multivew
4. Star Life Circle
Keempat pendekatan diatas mempunyai fokus pengembangan yang berbeda.
Langkah-langkah yang dilakukan mengacu pada konsep UCD
- pengguna “duduk bersama” perancang untuk membuat rancangan wajah antarmuka
- pengguna menyampaikan keinginannya, dan perancang menggambar keinginan pengguna, sambil menjelaskan untung-ruginya
- perancang meminta pendapat pengguna tentang rancangan yang dibuatnya
- proses ini dilakukan secara iteratif
23 April 2013 pukul 06.49
sumber referensi sudah saya cantumkan dilangsung dalam tulisan diatas :)