Usability, UCD & Kapasitas Manusia


Prinsip Usability adalah kemampuan suatu sistem/perangkat lunak untuk di pahami , dipelajari , dan digunakan oleh pengguna. Ketika seseorang menggunakan suatu sistem / perangkat lunak, secara tidak sadar dia juga memulai proses belajar dengan mengingat langkah-langkah pekerjaan yang dia lakukan. Komponen-komponen dari prinsip usability adalah :
v  Kemampuan Manusia atau Human Ability
v  Kapasitas Manusia atau Human Capabilities
v  Memori
v  Proses
v  Observasi
v  Penyelesaian masalah atau Problem Solving
Pada dasarnya manusia memiliki 2 kemampuan yang sangat berbeda, yaitu kemampuan yang baik dan kemampuan yang buruk.

Kemampuan manusia yang baik
kemampuan manusia yang buruk
·         Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
·         Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
·         Durasi LTM tidak terbatas dan kompleks
·         Durasi STM terbatas
·         Kemampuan memahami tinggi
·         Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
·         Mekanisme konsentrasi yang bertenaga
·         Proses yang cenderung salah
·         Pengenalan pola pikir yang bertenaga
·         Proses yang lambat

Proses User Centered Design ( UCD )
Proses pada UCD merupakan proses yang berulang (iterative), dimana tahap desain dan evaluasi dibangun dari tahap awal proyek hingga tahap implementasi.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPVqpuL0eQRmoSO9QNZFnwJzda-l9-pFyZOurz7ffpHzCo6_wyZjm0c3NfmiLweJNIr9l_WlYtJXy1NaGaNU9rfsLBLl69Hutc1zC17zNtWyC6s-SoV6PPsuJX7yEhaXXqAYd6ehfrFis/s320/gambar+UCD+1..JPG

Keterangan gambar:

1.Memahami dan menentukan konteks pengguna:
-Karakteristik pengguna yang diharapkan
-Pekerjaan yang dilakukan pengguna
-Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global
-Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin menggangu penggunaan dalam scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
-Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah operasional antara manusia dan sumberdaya teknologi
-Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan sistem
-Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan

2. Menentukan kebutuhan pengguna dan Organisasi :
Dalam UCD penting untuk memperluas aktivitas kebutuhan fungsional sistem dengan membuat pernyataan eksplisit kebutuhan pengguna dan organisasi, dalam hubungannya dengan konteks diskripsi penggunaan dalam hal:
- Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta workstation,
- Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas diantara kategori penguna yang berbeda ),
- Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal transparasi aplikasi ke pengguna,
- Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna dan pikah ketiga yang relevan,
- Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.

3. Solusi perancangan yang dihasilkan
- Dengan memgunakan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan suatu proposal solusi perancangan.
- Membuat solusi perancangan lebih konkrit ( dengan simulasi, prototipe, dll )
- Memperlihatkan prototipe ke pengguna dan mengamatinya saat melakukan tugas spesifik, dengan atau tanpa bantuan evaluatur.
- Menggunakan umpan balik untuk perbaikan rancangan,
- Mengulang proses ini sampai tujuan perancangan dipenuhi.

4. Evaluasi Perancangan terhadap kebutuhan pengguna
- Formative: menyediakan umpanbalik yang dapat digunakan untuk memperbaiki rancangan.
- Summative: melakukan penilaian apakah tujuan pengguna dan organisasi telah tercapai
Model menurut Eason (1992)
Eason menggambarkan empat langkah kunci dalam pengembangan, yaitu perencanaan, perancangan, implementasi, dan pengelolaan sistem.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUsSmItimWE1qX0fjWS9nLiVJcCPZBLA-SI1aJKEga9jZaR4XHVRU8apOFCj_Hrn_rTqkAPhqKogeei1cCuDvLYYerJ_v7nhnhaEPJZJke6f7Gl6weINlYeJz2KOQDlXFAArJAHggNWBA/s320/gambar+UCD+2.JPG



Pada gambar diatas terdapat empat pendekatan dalam pengembangan sistem, yaitu:
1. Soft System Methodology ( SSM ).
2. Open System Task Analysis ( OSTA )
3. Multivew
4. Star Life Circle
Keempat pendekatan diatas mempunyai fokus pengembangan yang berbeda.

Langkah-langkah yang dilakukan mengacu pada konsep UCD
- pengguna “duduk bersama” perancang untuk membuat rancangan wajah antarmuka
- pengguna menyampaikan keinginannya, dan perancang menggambar keinginan pengguna, sambil menjelaskan untung-ruginya
- perancang meminta pendapat pengguna tentang rancangan yang dibuatnya
- proses ini dilakukan secara iteratif
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Usability, UCD & Kapasitas Manusia"

  1. It's mine says:
    23 April 2013 pukul 06.49

    sumber referensi sudah saya cantumkan dilangsung dalam tulisan diatas :)

Posting Komentar